JL.Tanah Merdeka 1-A No.41 RT 003 RW 04 Rambutan Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
EnglishIndonesian

Cat Luar Rumah, Berikan Perlindungan Khusus Pada Hunian

Screenshot_3

Pengaruh cuaca yang ekstrem mulai dari teriknya panas matahari, terpaan hujan sampai angin yang berhembus kecang dapat dengan mudah merusak tampilan eksterior rumah. Diperlukan material khusus yang dapat melindungi rumah dari ancaman perubahan cuaca tersebut. Cat luar rumah merupakan pelapis yang dapat memberikan perlindungan ekstra pada elemen-elemen eksterior.

Tidak hanya dinding, elemen eksterior seperti atap, pagar, dan pintu juga perlu dilindungi dengan cat luar rumah. Pertimbangan memilih cat luar rumah juga sebaiknya tidak ditekankan terhadap pengaruh estetika semata, namun juga perlu disesuaikan dengan jenis material dari elemen eksterior yang ada.

Sebelum memilih cat luar rumah ataupun melalukan pengecatan ulang, ada baiknya untuk mengetahui lebih jauh mengenai cat dan teknik aplikasi seperti apa yang tepat untuk eksterior rumah melalui 5 poin ini.

Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Cat luar rumah dibuat dengan formula khusus, yakni campuran antikarbonasi yang tahan terhadap pelapukan cuaca. Ancaman kerusakan cat luar rumah seperti pengelupasan juga dapat dihindari karena cat luar rumah juga anti terhadap serangan jamur dan lumut.

Formulasi yang terdapat pada cat luar rumah mencegah permukaan eksterior berubah kusam dalam waktu singkat.

Kandungan pigmen yang dimiliki cat luar rumah pun semestinya jauh lebih besar dibandingkan kandungan pigmen yang terdapat pada cat interior, sehingga cat luar rumah tidak mudah pudar atau luntur. Hal ini dapat dilihat dari viskositas cat luar rumah yang memang lebih kental guna memberi daya tutup yang lebih kuat.

Menjamin Kesehatan Penghuni

Sekalipun tidak ditumbuhi jamur, bukan berarti cat luar rumah tahan terhadap bakteri sumber penyakit.

Permukaan elemen eksterior yang terus-menerus terekspos udara luar rentan terkena bakteri. Jika tidak dilapisi cat luar rumah yang antibakteri dinding dapat menjadi media penularan penyakit bagi penghuni rumah.

Cat luar rumah antibakteri memiliki pelapis khusus yang mampu menahan kotoran masuk ke dalam dinding. Penggunaan cat luar rumah antibakteri dapat mengurangi resiko potensi penyebaran bakteri berbahaya yang sangat mungkin terbawa sampai ke bagian dalam rumah.

Kesehatan rumah akan lebih terjaga lagi jika kamu memakai cat luar rumah yang antinoda sehingga lebih mudah dibersihkan.

Sesuaikan Cat Luar Rumah dengan Material

Beberapa material yang menyusun elemen eksterior rumah tidak bisa hanya dilindungi oleh cat dinding luar rumah biasa.

Untuk dinding yang berlapis batu alam diperlukan cat luar rumah khusus sepeti coating bening. Lapisan cat luar ini mencegah tumbuhnya jamur pada kondisi yang lembab. Perlindungan cat luar rumah serupa juga berlaku untuk material bata ringan yang terekspos.

Sementara untuk material berbahan logam seperti besi, pilihlah cat luar rumah yang mengandung zincalum atau zat antikarat.

Pengecatan sempurna amat diperlukan untuk melindungi material kayu yang umumnya digunakan untuk pagar dan dinding rumah. Gunakanlah cat solid yang menampilkan opaque finishing, seperti cat duco dan cat minyak. Keduanya dapat menutupi permukaan kayu yang cacat sekaligus meghasilkan tekstur akhir yang sangat halus.

 

Sumber : https://www.dekoruma.com/artikel/79598/memilih-cat-luar-rumah

Chat
Chat