JL.Tanah Merdeka 1-A No.41 RT 003 RW 04 Rambutan Ciracas, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta
EnglishIndonesian

Cat Dasar Tembok, Aplikasi Cat yang Sering Dilupakan

Screenshot_1

Cat tembok adalah salah satu pilihan finishing dinding yang sangat populer. Selain variasi pilihan warna yang banyak, pengaplikasian cat tembok juga terbilang lebih praktis. Namun, meskipun praktis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar finishing cat tembok bisa sempurna dan tahan lama seperti kondisi permukaan tembok dan juga aplikasi cat dasar tembok.

Cat dasar tembok merupakan hal penting untuk memastikan cat tembok bisa lebih tahan lama serta memberikan warna yang lebih baik. Lalu, apa itu sebenarnya cat dasar tembok dan mengapa cat dasar tembok menjadi begitu penting dalam menyelesaikan finishing cat tembok pada rumah? Simak uraiannya berikut ini.

1. Menambah daya tahan terhadap garam alkali atau antialkali

Salah satu fungsi paling umum dari cat dasar tembok adalah mencegah kontaminasi zat-zat alkali pada lapisan cat yang bisa merusak tampilan akhir dari tembok rumah. Zat alkali sendiri biasanya terdapat pada material bangunan seperti semen dan juga bata sehingga dengan memberikan lapisan cat dasar tembok, kamu bisa mencegah zat-zat ini merusak warna cat tembok rumah.

Selain itu, bahaya dari zat alkali tanpa adanya lapisan cat dasar tembok adalah proses pengapuran pada dinding yang bisa menghasilkan debu-debu yang tak cuma mengotori ruangan tapi juga berbahaya bagi kesehatan.

2. Menambah daya rekat cat tembok

Manfaat dari penggunaan cat dasar tembok sebelum finishing cat tembok adalah memberikan daya rekat yang lebih baik pada cat tembok agar tidak mudah terkelupas baik karena cuaca ataupun hal-hal lainnya. Untuk itu, cat dasar tembok yang berkualitas wajib digunakan pada bagian tembok-tembok bangunan yang berisiko terpapar kondisi ekstrem seperti dinding-dinding outdoor atau tembok pada ruangan yang lembab.

3. Menutup pori-pori agar permukaan tembok lebih rata & halus

Tembok yang belum di-finishing cenderung memiliki permukaan berpori-pori dan tidak rata sempurna. Penggunaan cat dasar tembok akan membantu menutup pori-pori tersebut sehingga hasil akhir dari pengecatan tembok akan terlihat lebih halus dan rata.

4. Membantu warna cat tembok lebih sempurna

Tembok yang belum di-finishing memiliki warna mengikuti warna material bangunan. Tanpa cat dasar tembok, warna cat tidak teraplikasi secara sempurna karena pengaruh dari warna material dinding. Banyak orang yang akhirnya melapisi dinding hingga berkali-kali dengan cat warna yang sama agar mendapatkan warna yang diinginkan. Padahal, hal ini bisa kamu atasi dengan mengaplikasikan cat dasar tembok terlebih dahulu.

Cat dasar tembok yang memiliki warna netral dan formulasi khusus bisa membuat warna akhir dari dinding rumah lebih sempurna tanpa perlu kamu cat berlapis-lapis. Hal ini bahkan bisa membuat proses pembangunan rumah lebih hemat karena lebih hemat cat.

5. Memberikan perlindungan ekstra pada tembok

Selain itu, cat dasar tembok juga dilengkapi dengan berbagai zat proteksi khusus yang akan berikan perlindungan ekstra pada tembok rumah dari berbagai permasalahan umum seperti jamur dan lumut, hingga dinding yang ‘mengompol’ akibat kebocoran air. Tentu bisa disimpulkan secara umum bahwa cat dasar tembok bermanfaat untuk membuat lapisan cat pada dinding rumah menjadi lebih awet.

Dengan berbagai manfaat tersebut, penggunaan cat dasar tembok tak hanya memberikan tampilan akhir cat yang lebih sempurna tapi juga membuat cat pada dinding menjadi lebih awet. Selain itu, kamu tak perlu khawatir mengenai total biaya karena penggunaan cat dasar tembok justru akan membuat proses pembangunan dan perawatan bangunan jauh lebih hemat dalam jangka waktu panjang.

Jangan sepelekan kegunaan cat dasar tembok untuk meraih tampilan hunian yang rapi!

 

Sumber : https://www.dekoruma.com/artikel/83925/fungsi-cat-dasar-tembok

Chat
Chat